Translate

Kamis, 29 Oktober 2015

KOMUNIKASI MASSA "Makalah Media Massa Online"

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Puji syukur kami  panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah kami sebagaimana mestinya. Shalawat dan salam juga tak lupa pula kami kirimkan kepada baginda nabiullah Muhammad SAW, selaku tokoh reformasi bagi kita sekalian yang mengajarkan kepada kebenaran khususnya bagi umat muslim yang telah menunjukan kepada kita jalan kebenaran dan kebaikan  terutama yang masih tetap teguh pendirian sampai hari ini.
    Makalah ini dibuat guna memenuhi kewajiban kami selaku mahasiswa, dalam rangka memenuhi tugas yang telah diberikan oleh Dosen yang bersangkutan dan merupakan pra syarat dalam memperoleh nilai tugas pada mata kuliah “KOMUNIKASI MASSA”.
    Dalam penyusunan materi ini, kami sadar sepenuhnya atas segala kekuranganya sehingga di butuhkan masukan dari berbagai pihak, baik dari rekan-rekan maupun dari dosen demi kesempurnaan makalah selanjutnya, dan kami selaku penyusun makalah ini mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan maupun kritik dari para pembaca yang sifatnya membangun dalam rangka penyempurnaan makalah ini. Semoga Allah SWT selalu menyertai dan meridhoi kita bersama dalam upaya ikut mencerdaskan kehidupan yang berbudi pekerti luhur. Amin Ya Rabbal‘Alamin.

  
Ternate, 22 Oktober 2015
Penyusun        


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
 Perkembangan media masa saat ini merupakan kebutuhan dalam mendukung berbagai aktifitas masyarakat urban. Dalam era global saat ini teknologi yang berkembang, kian memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi secara cepat dan mengikuti perkembangan . Media massa, seperti halnya pesan lisan dan isyarat sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari komunikasi manusia. Pada hakikatnya media adalah perpanjangan lidah dan tangan yang berjasa meningkatkan kapasitas manusia untuk mengembangkan struktur sosialnya (Rivers, 2004: 27).
 Kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat saat ini , dimanfaatkan oleh berbagai media massa dalam perannya menyampaikan informasi, edukasi, opini, dan ilmu pengetahuan kepada para pembacanya. Dalam mencukupi kebutuhan khalayak tersebut, media massa umumnya selalu aktif dalam memproduksi informasi yang cepat, hangat dan orisinil.
Media massa diyakini memiliki kekuatan yang maha dahsyat dalam mempengaruhi pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat. Bahkan media massa dengan mudah dapat mengarahkan masyarakat membentuk opini akan suatu peristiwa yang selanjutnya akan terjadi. Media massa mampu mengarahkan, membimbing, dan mempengaruhi kehidupan di masa kini dan dimasa mendatang.
 Media massa pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua kategori yakni media massa cetak dan media massa elektronik. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan teknologi informasi media massa juga berkembang pada ranah online.
Disamping media komunikasi  yang telah terlebih dahulu akrab dan diterima khalayak seperti media cetak dan media elektronik, media online kini telah menjadi salah satu media komunikasi yang mulai mendapat banyak perhatian dari masyarakat. Keberadaanya juga mulai menjadi favorit bagi seluruh lapisan masyarakat.
 Media massa online memiliki peran dalam memajukan peradaban umat manusia yang kian pesat didorong tak luput dari peran teknologi komunikasi yang serba canggih. Bahkan tak jarang kecanggihan tersebut disalah gunakan, sehingga media massa memiliki dua peranan yakni memperburuk sisi kemanusiaan seseorang (dehumanisasi) atau memperkuat dan menajamkan sence of humanity (humanisasi).
Media online (online media) juga berarti media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet. Media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) seperti koran, tabloid, majalah, buku dan media elektronik (electronic media) seperti radio, televisi, dan film/video. Media Online merupakan produk jurnalistik online disebut juga cyber journalisme yang didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet”.
Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website, radio online, TV online (streaming), dan email.
Di Indonesia, perkembangan teknologi memiliki banyak implikasi pada seluruh bidang kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang begitu pesat ikut mempengaruhi proses eksistensi media. Hal tersebut juga terjadi karena pola perkembangan manusia modern yang cenderung serba instan. Media massa sedikit banyak akan mengalami pergeseran atau revolusi ke arah yang lebih canggih. Mulai dari buku, majalah, surat kabar, atau media cetak lainnya tidak memakai kertas lagi karena kita bisa membacanya secara online. Perkembangan media online sejalur dengan makin merambahnya internet di setiap pelosok di Indonesia, serta merebaknya handphone yang bisa dengan mudah mengakses internet.Baik yang berupa forum online, atau berformat seperti koran online. Pergerakan itu merupakan upaya pemilik modal untuk merespon perkembangan peradaban. Dimana masyarakat memiliki sifat dasar ingin mendapatkan pelayanan praktis dalam berbagai hal. Bidang komunikasi memang tidak dapat dipisahkan dari semua perkembangan teknologi yang berimbas pada perkembangan media.


Rumusan Masalah
Jelaskan pengertian dan sejarah singkat media online!
Apa yang menjadi karakteristik dari media online?
Sebutkan jenis-jenis media online beserta contohnya!
Apa saja kelebihan dan kelemahan media online?

Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menjelaskan pengertian dan sejarah singkat media online serta apa yang menjadi karakteristik dari media online. Selain itu juga makalah ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis media online beserta contohnya dan apa saja kelebihan dan kelemahan dari media online itu sendiri.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian dan sejarah singkat media masa online
Pengertian media masa online
Media Masa Online adalah media yang disajikan secara online. Online  adalah istilah bahasa dalam internet yang artinya sebuah informasi yang dapat diakses dimana saja selama ada jaringan internet. Sebagai medianya adalah website. Jika dilihat dari segi fisiknya, maka Media Online berarti Media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia yaitu computer dan internet. Kedudukan Media Masa Online merupakan Media Massa generasi ketiga diantara media lainnya yaitu :
Media masa cetak (koran, majalah, tabloid)
Media masa elektronik (radio, TV)
Media Masa Online
Dalam Wikipedia, media masa online disebut juga dengan cyber journalism yang berarti reportase atau laporan hasil liputan peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet. Secara umum Media Masa Online adalah semua format media yang bisa diakses melalui internet. Baik itu media tulisan maupun foto digital juga video termasuk TV dan radio online.
Lebih luas lagi, secara umum Media Masa Oline juga berarti sarana komunikasi secara online. Oleh karena itu yang termasuk kategori Media Online secara umum adalah website termasuk blog serta berbagai social media seperti Facebook, twitter dll.
Sedangkan pengertian Media Masa Online secara khusus adalah Media komunikasi massa yang memiliki karakteristik tertentu. media masa online secara khusus berarti media yang menyajikan karya jurnalistik berupa berita, artikel serta feature secara online. Seperti dikatakan oleh Asep Syamsul M.Romli bahwa Media masa  online adalah media massa yang tersaji secara online di situs web internet.
Sejarah Singkat Media Masa Online
Booming media masa online di luar negeri dimulai sejak pertengahan tahun 1990 an. Amerika meluncurkan koran online pertama pada bulan Mei 1992 yaitu Chicago Tribune di Chicago Amerika Serikat. Perkembangan media masa online di Amerika sendiri cukup pesat terbukti dengan adanya 12.878 media masa online dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2001.
Di Indonesia, Internet mulai masuk sejak tahun 1994. Media masa online mulai dikenal sejak tahun 1996 hingga 1997. Pada saat itu media masa online merupakan pindahan isi dari media cetak seperti republika serta kompas. Pada tahun 1998 mulai muncul portal berita online seperti detik.com. Portal berita detik.com ini murni sebagai media masa online yang isi beritanya tidak dimuat di media masa cetak.
Munculnya media masa online pada tahun 1998 tidak lepas dari peristiwa runtuhnya masa Orde Baru. Saat itu pengawasan ketat dilakukan pada semua media masa cetak. Keadaan inilah yang menyebabkan munculnya media alternative yaitu media masa di internet atau media masa online. Beberapa media masa online yang saat itu menyebarkan keburukan pemerintahan Orde Baru lewat internet diantaranya kdpnet.activist.com atau kdp.usa.net.
Pada tahun 1998 ini juga terjadi persaingan antara detik.com dan kompas.com. Hanya saja detik.com memiliki kelebihan yaitu memberikan breaking news. Detik.com membahas apa yang terjadi di belakang atau apa yang melatar belakangi sebuah peristiwa yang diberitakan.
Pada tahun 2000 an persaingan media masa online mulai ketat. Saat ini mulai muncul satunet.com juga astaga.com. Sementara itu pada tahun 2005 mulai banyak bermunculan media masa cetak yang membuat media masa online. Berawal sejak tahun 2007 hingga saat ini banyak sekali media-media masa online yang real time bermunculan. Dalam perkembangannya media masa online serta blog mulai booming sejak tahun 2008.
2.2 Karakteristik Media Masa Online
Ada banyak website maupun sosial media yang bisa kita akses melalui internet. Namun tidak semua website apalagi sosial media bisa dikatakan sebagai media masa online. Berikut ini adalah karakteristik sebuah website sehingga bisa disebut sebagai Media Masa Online:
 Kapasitas besar, artinya halaman website mampu menampung tulisan yang panjang.
Bisa diterbitkan setiap saat
Fleksibelartinya bisa diterbitkan dan hasil postingan juga bisa diedit kapan saja dan dimana saja.
Cepat,  artinya Ketika ditayangkan bisa langsung diakses semua orang.
Jangkauan luas, artinya bisa dinikmati oleh orang di seluruh dunia yang memiliki jaringan internet.
Aktual, artinya isinya merupakan informasi actual dengan penyajian yang cepat.
Update, artinya Informasi yang ditampilkan selalu diperbarui karena pembaharuan postingan bisa dilakukan kapan saja.
Interaktif, artinya terjadi komunikasi dua arah antara sipemilik website dengan pembaca. Hubungan ini bisa terjadi melalui kolom komentar yang disediakan. Bisa juga berupa polling ataupun fasilitas chat online yang disediakan oleh pemilik website.
Terdokumentasi, artinya ada arsip dari setiap berita atau artikel yang diposting . Arsip ini bisa dengan mudah dilihat oleh pembaca dari fasilitas search ataupun dari link daftar isi yang diberikan oleh si pemilik website.
Hyperlink, artinya Informasi yang disajikan terhubung dengan sumber online yang lain. Sumber ini bisa berasal dari website lain ataupun dalam website itu sendiri.
2.3 jenis-Jenis Media Masa Online Beserta Contohnya
Jenis-jenis media masa online diklasifikasikan berdasarkan situs berita dan pemiliknya. Jika berdasarkan situs berita, maka Media Masa Online dibagi menjadi :
Edisi online dari media masa cetak
Edisi online dari media masa elektronik
Media masa online murni. Yang tidak ada kaitannya dengan media masa cetak maupun media masa elektronik.
Kanal Berita / Portal Berita Media masa online yang memuat link-link berita dari situs lain.
Berdasarkan pemiliknya atau yang sering dikenal sebagai publisher, maka media masa online dibagi menjadi:
Situs penyiaran (News organization website) Merupakan situs lembaga pers atau organisasi pers.
Situs perusahaan (Commercial organization website) Digunakan oleh perusahaan untuk kepentingan bisnis comersial.
Situs pemerintah
Situs kelompok atau organisasi non komersial (Interest group).
Blog pribadi (personal website)
Beberapa contoh media online antara lain Kompas.com, Okezone.com, Detik.com, Tempointeraktif.com, Vivanews.com, Metrotv.com, Liputan6.com, dan masih banyak lagi.


2.4 Kelebihan dan Kelemahan Media Masa Online
Kelebihan:
Kapasitas luas halaman web bisa menampung naskah sangat panjang.
Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
 Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
 Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
 Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
 Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
 Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.
Kelemahan:
Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media masa online biasanya tidak seakurat media lainnya.
 Berpotensi mengakibatkan cyber crime (kejahatan dunia maya) seperti penculikan, penipuan, dan berbagai tindak criminal lainnya.
 Menurunnya minat baca di perpustakaan akibat lebih praktisnya media masa online.
Meningkatkan plagiat akibat mudah dicurinya karya-karya yang tersaji di media masa online.
 tidak semua masyarakat dapat mempergunakan teknologi internet (contoh: masyarakat bawah)
bila terlalu lama membaca media masa online dapat membuat mata menjadi lelah dan dapat mengalami gangguan mata.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
    Media masa online merupakan suatu hal yang tak bisa di lepas dari kita saat ini, bahkan dalam perjalanannya media masa online sekarang telah mengubah cara hidup kita dalam beberapa tingkatan, sehingga bisa di katakan media masa online menjadi sebuah media yang penting dalam masyarakat terlebih pada pelajar dan mahasiswa Indonesia saat ini.
    Media masa online juga tak hanya menjadi sebuah media yang penting namun juga telah berubah menjadi sebuah identitas diri seseorang khususnya pada media komunikasi online seperti Facebook, Twitter dan sebagainya. Bisa kita melihat bagaimana sebuah media masa online seperti Facebook dan Twitter berubah fungsi menjadi “mulut kedua” bagi seseorang, sehingga menjadikan media tersebut sebagai wakil diri di dunia maya
3.2 Saran
    Para pengguna Media Masa Online disarankan untuk mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada serta memanfaatkan Media Masa Online secara benar dan sesuai dengan norma-norma di masyarakat, karena selain untuk memperbaharui informasi, pertemanan, Media Masa Online lebih baik dimanfaatkan untuk hal-hal sebagai berikut :
Untuk pelajar, dapat memanfaatkan Facebook untuk metode pembelajaran online sehingga belajar dan mengajar tidak monoton dan lebih fun. Kita perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan Media Masa Online khususnya jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook, Twitter, dan lain - lain.
Membuat group untuk sarana diskusi pelajaran. Berbagi informasi penting, misalnya dengan mempostingkan link, membuat status, atau notes yang berisi tentang suatu informasi yang berguna.
Menyalurkan hobi menulis dengan menggunakan fasilitas note.
Memanfaatkan Media Masa Online sebagai media penyimpanan data. Seperti video, mp3 dan foto. Implementasikan sosial media dengan baik dan benar, gunakan peluang yang ada sebagai sarana yang positif.

DAFTAR PUSTAKA
http://allukatita.blogspot.com/media online/Makalah Media Sosial - ENSCHAi.htm
http://Girlsthink's Weblog.com/ media online/Kelebihan dan kekurangan dari media online menurut girlsthinks.htm
http://darikatahati.blogspot.com/ media online/Apa Itu Media Online_DARI KATA HATI.htm
http://rhiyanugras.blogspot.com/media online/Makalah Kelompok 4 Jurnalisme Online – Catatan Kuliah.htm
http://ashifahabibah22.blogspot.co.id/2013/04/media-online_8.html

1 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat, jangan lupa untuk kunjungi website kami untuk mendapatkan info menarik seputar berita teknologi desktop, gadget, gaming, notebook, mobile, software and tips : HypeTech

    BalasHapus