Translate

Senin, 16 Mei 2016

Sampah Dapat Dikurangi Dengan Cara "Dua Anak Lebih Baik"



            Banyak anak banyak rezeki, mungkin ini adalah pepatah yang digunakan oleh para orang tua zaman dahulu. Mereka menganggap bahwa semakin banyak anak semakin banyak pula rezeki yang didapat. Misalnya saja saat membuka lahan untuk berkebun/bertani dengan semakin banyaknya anak maka semakin luas pula lahan yang bisa digarap untuk dijadikan lahan perkebunan/pertanian. Namun saat ini sepertinya pepatah tersebut sudah tidak bisa lagi diterapkan. Banyaknya anak dalam suatu keluarga disebabkan karena waktu kelahiran yang tidak terkontrol. Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah mulai dari masalah ekonomi, masalah peningkatan jumlah pengangguran, dan yang tidak boleh dipandang sebelah mata adalah masalah penumpukan sampah.
            Semakin banyak jumlah penduduk disuatu daerah maka semakin banyak pula volume sampah yang terbuang. Salah-satu penyumbang sampah terbesar  berasal dari sampah rumah tangga baik berupa organik maupun anorganik. Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa semakin banyak jumlah anggota keluarga dalam suatu rumah tangga semakin banyak pula sampah yang dihasilkan sehingga sampah semakin menumpuk. Penumpukan sampah dapat mengakibatkan berbagai jenis permasalahan yang akan berdampak langsung bagi suatu penduduk. Masalah yang dapat ditimbulkan oleh sampah diantaranya adalah masalah banjir, masalah kebersihan lingkungan, serta masalah penyakit menular dan akhirnya permasalahan ini mengakibatkan tercemarnya lingkungan suatu daerah.
Namun sebagai manusia yang berpendidikan kita patut mencari solusi untuk mengatasi masalah ini. Salah-satu solusi yang tepat yaitu dengan mendukung program kerja BKKBN. Dua anak lebih baik merupakan solusi yang sangat jitu sehingga dapat menekan jumlah pertambahan penduduk dalam suatu daerah. Dengan ini juga tingkat volume penggunaan sampah dapat dikurangi.
Mari ciptakan lingkungan yang sehat. Generasi yang hebat berasal dari lingkungan yang bersih.
 
bkkbn.go.id/kependudukan

1 komentar:

  1. terima kasi banyak sebelumnya ya min ^^. artikel ini sangat berperan banyak pada hidup saya karena ini benar benar berguna, struktur dan tulisannya sangat rapi dan sangat mudah dimengerti, saya semakin paham juga atas ini semua. teruslah berkarya untuk anak bangsa , sukses selalu dan sehat selalu ^^
    bandarq terpercaya
    terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min

    BalasHapus