Translate

Jumat, 01 Mei 2015

5 dampak negatif jika kurang tidur




Sometimes, kita sengaja meluangkan waktu untuk begadang demi menonton serial favorit. Namun ada juga kita begadang karena dikejar deadline tugas sekolah/kampus. Trus kalo udah kayak gini besoknya langsung terkantuk-kantuk deh.
Sayangnya, kurang tidur nggak Cuma bikin kita mengantuk. Ada bahaya lain yang dapat di rasakan saat kita nggak mendapat waktu tidur yang cukup, diantaranya:
1.     Konsentrasi berkurang
Tidur memberikan waktu bagi otak untuk beristrahat sehingga keesokan paginya bisa kembali focus berkegiatan. Ketika kurang tidur, kita kehilangan kemampuan berpikir dan belajar dengan baik soalnya otak tidak dapat bekerja dengan maksimal. Sehingga kita tidak dapat mengingat pelajaran dengan baik akibat kurang konsentrasi.
2.     Gampang marah
Tidak hanya membuat konsentrasi berkurang, kurang tidur juga bisa mempengaruhi sisi psikologis kita. Control otak yang melemah dan badan yang letih membuat emosi ikut tidak stabil sehingga orang kurang tidur biasanya menjadi lebih mudah marah dan cepat tersinggung.
3.     Beresiko obesitas
Saat begadang kita cenderung mengkonsumsi fast food yang berkalori tinggi, apalagi saat tengah malam. Menu fast food lebih mudah didapatkan daripada healthy food. Hasilnya, metabolism tubuh kita terganggu dan menyebabkan berat badan terus naik.
4.     Terlihat tua
Saat tidur, sel-sel tubuh yang rusak akan memperbaiki diri dengan maksimal. Saat tubuh kita kekurangan waktu untuk mereproduksi sel-sel baru kita akan terlihat capek dan kusam. Makanya ini tidak hanya membuat lingkaran hitan di mata, tapi juga bikin kita terlihat lebih tua dari umur asli.
5.     Gampang sakit
Tidak hanya mempengaruhi sel tubuh, sistem imun kita juga akan melemah saat kita kurang tidur. Tubuh yang lelah akan lebih mudah terkena penyakit seperti flu atau demam. Soalnya, tubuh seseorang yang kurang tidur akan sensitive terhadap bakteri dan virus yang ada di sekitarnya.


Nah, itu dia beberapa bahaya yang akan terjadi pada tubuh kita jika kurang tidur. Sebagai manusia yang baik kita harus menjaga kesehatan tubuh kita biar nggak mudah jatuh sakit. Mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu sahabat semua…..     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar