Translate

Jumat, 01 Mei 2015

kurang tidur sama bahayanya dengan "gegar otak"

Hallo para pembaca, kemarin saya sudah memposting lima dampak negatif jika kurang tidur. Nah, kali ini saya akan mengshare bahaya kurang tidur terhadap otak kita. nih dia artikelnya silahkan di baca ya......:-)

teman-teman sering begadang atau kurang tidur??? jika teman-teman sering melakukan hal ini, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. seperti yang dilansir oleh geniusbeauty.com, kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada otak.

Ilmuwan Swedia menyimpulkan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhiotak seperti trauma. Efek kurang tidur ini dapat dibandingkan dengan gegar otak. dalam kedua kasus tersebut, kadar bahan kimia dan tanda-tanda cedera kepala meningkat.

Para ilmuwan dari Universitas Uppsala mengambil mengambil sampel darah dari sekelompok relawan yang menghabiskan malam tanpa tidur. akibatnya terdapat peningkatan jumlah zat NSE dan S-100B dari darah yang di amati dan zat tersebut adalah indikator yang sama seperti yang dialami oleh penderita trauma atau gegar otak.

Sebelumnya para ilmuwan sudah menunjukan bahwa saat tidur, otak dapat membersihkan dari racun yang yang terkumpul pada siang hari. jika anda kurang tidur, racun ini akan mempengaruhi peningkatan NSE dan S-100B yang berkontribusi pada hilangnya jaringan otak.    

makka dari itulah dokter menganjurkan kita untuk tidur selama 7-9 jam per hari agar otak kita bebas dari segala racun dan pikiran bisa segar kembali. jangan terlalu banyak begadang ya teman-teman....:-) kan bang H.Rhoma Irama juga udah pernah bilang dalam lagunya "begadang jangan begadang kalau  tiada artinya, begadang boleh saja kalau ada prlunya " (maaf suara saya serak jadi nggak bisa di lanjutin)
semoga tulisan ini dapat membantu....:-)

sumber: koran Malut Pos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar