Translate

Sabtu, 23 Mei 2015

MINUM SUSU SEBELUM OLAHRAGA, KURANGI RESIKO TULANG PATAH




Menkonsumsi  produk susu sebelum olahraga dapat mengurangi resiko tulang patah, menurut studi baru dari Australian Institute Of Sports (AIS). Seperti yang dilaporkan Australian Broadcasting Corporation (ABC) yang dilansir dari Timesoftindia (Rabu,20/5/2015). AIS menemukan bahwa makanan yang mengandung susu sekira dua jam sebelum olahraga dapat menggantikan kehilangan kalsium selama olahraga.
Atlet olahraga seperti bersepeda, kayak, renang dapat kehilangan kalsium selama berkeringat. Kondisi ini juga dapat melemahkan tulang yang akan berdampak pada Osteoporostis di masa mendatang.
Ketua Nutrisi Olahraga AIS Louise Burke, mengatakan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa tubuh saat membutuhkan kalsium pada keringat berlebih, menggunakan makanan yang dicerna dari pada tulang.  
“Tulang harus mendapatkan kembali kalsium dari aliran darah untuk menggantikan kalsium yang hilang. Tubuh kita melakukan hal itu untuk menjaga agar kadar kalsium darah tetap stabil. Jadi, settiap kali kalsium berkurang harus segera mendapat kalsium dari aliran darah”, kata Burke.

Olahraga intensitas low impact, dimana aktivitas yang membebani bantalan tulang menyebabkan kepadatan mineral dalam tulang menurun.  Untuk itu, AIS menyarankan untuk mengkonsumsi susu tiga gelas standar sebelum latihan.

“mereka yang senang bersepeda, misalnya, bisa memikirkan pilihan sarapan sebelum bersepeda atau ketika mereka berhenti di café saat berkendara di akhir pekan. Pertimbangkan untuk memesan latte atau coklat panas, daripada kopi hitam” pesanya.
SUMBER: koran malut pos :-)

1 komentar:

  1. Bukan hanya sebelum berolahraga, minum susu harus dirutinkan setiap hari jika ingin memiliki tulang yang kuat. Sekedar tambahan pendapat mas bro :)

    BalasHapus