Translate

Sabtu, 02 Mei 2015

HILANGNYA KEBUDAYAAN LOKAL DI INDONESIA AKIBAT MASUKNYA KEBUDAYAAN ASING



Kebudayaan lokal Indonesia yang sangat beranekaragam serta  menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk mempertahankan dan mewarisi kepada generasi selanjutnya. Budaya lokal Indonesia sangat membanggakan karena memiliki keanekaragaman yang sangat bervariasi serta memiliki keunikan tersendiri dan seiring berkembangnya zaman kebudayaan tersebut mulai hilang dan di tinggalkan akibat perubahan pola hidup masyakat yang lebih modern. Akibatnya, masyarakat lebih memilih kebudayaan baru yang mungkin dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya lokal. Banyak faktor yang menyebabkan budaya lokal Indonesia dilupakan dimasa sekarang ini akibat pengaruh masuknya budaya asing. Misalnya gaya hidup masyarakat yang bersifat kebarat-baratan. Banyak masyarakat di Indonesia saat ini yang mengikuti budaya barat seperti melakukan sex bebas, berpakaian mini, dan gaya hidup bebas yang istilahnya di Indonesia dikenal sengan sebutan kumpul kebo. Gaya hidup seperti sebenarnya tidak di benarkan di Indonesia karena melanggar norma agama, kesusilaan, dan norma kesopanan.

Masuknya budaya asing ke suatu negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa. Namun pada kenyataannya budaya asing mulai mendominasi sehingga budaya lokal mulai dilupakan khususnya di Indonesia. Dimasa sekarang ini banyak sekali budaya-budaya di Indonesia yang mulai menghilang sedikit demi sedikit. Hal ini sangatlah berkaitan erat dngan masuknya budaya-budaya asing ke dalam budaya Indonesia khususnya pada kebudayaan lokal. Misalnya budaya pada tata cara berpakaian, dulunya dalam budaya di Indonesia sangatlah mementingkan tata cara berpakaian yang sopan dan tertutup akan tetapi akaibat masuknya budaya luar mengakibatkan budaya tersebut berubah bahkan berpakaian yang terbuka serta mempertontonkan aurat serasa sudah menjadi kebiasaan yang sudah melekat erat didalam masyarakat dan sekarang mereka menganggap jika seorang remaja khususnya di kaum perempuan atau para cewek-cewek jika tidak memakai pakaian yang sedikit terbuka maka mereka langsung memvonis perempuan tersebut berasal dari kampung,  bersifat kampungan, serta tidak gaul atau culun dan pakaian seperti itu untuk sekarang ini di anggap sebagai pakaian yang lagi ngetrend dan wajib di miliki khususnya untuk para remaja putri.
Sebagai contoh lain, misalnya dalam jenis makanan yang kita konsumsi sekarang juga mulai terpengaruh budaya luar. Masyarakat di Indonesia sekarang lebih memilih makanan-makanan yang berasal dari luar seperti KFC, steak, burger,dan lain-lain. Mereka menganggap makanan-makanan tersebut higienis dan modern serta orang yang memakan makanan tersebut akan bangga dan merasa gaul. Untuk para remaja (putra dan putri) mereka menganggap makanan tersebut adalah makanan yang berkelas. Semakin mahal makanan yang mereka makan maka mereka merasa semakin keren dan gaul apalagi jika makanan yang mereka makan merupakan makanan yang berasal dari luar negeri. Jika mereka adalah pengguna media sosial maka sebelum makanan tersebut di makan mereka akan memfoto dan mengaploadnya kedalam akun media social yang di milikinya. Padahal jika di pikirkan kembali, banyak makanan khas yang ada di Indonesia yang juga tidak kalah kualitasnya dibandingkan dengan makanan yang ada di luar negeri. Hal ini terjadi karena masyarakat sekarang di Indonesia sudah tidak mencintai lagi kebudayaan yang di negeri ini, mereka tidak lagi menyadari betapa pentingnya kebudayaan lokal yang ada di Indonesia sebagai citra suatu negara dan ciri khas suatu daerah. Bila hai ini terus terjadi maka tidak dapat dihindarkan lagi bahwa anak cucu kita kelak tidak tahu akan jenis-jenis makanan tradisional yang berasal dari daerah asal mereka.

Namun selain hal-hal buruk yang telah di jelaskan tadi, sebenarnya masuknya budaya asing di Indonesia juga memiliki beberapa manfaat, misalnya dari segi teknologi. Dengan berkembang pesatnya teknologi zaman sekarang akan mempermudah kehidupan masyarakat dalam mengakses imformasi dengan menggunakan jaringan internet maupun dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus mampu menyeleksi dengan baik dan teliti segala bentuk pengaruh budaya dari luar yang masuk ke negara Indonesia. Bangsa Indonesia tidak mungkin menutup diri dari pengaruh internasional yang begitu cepat, dan diperlukan iptek yang canggih dari luar untuk menyempurnakan kekayaan budaya dalam negeri di segala bidang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar